Minggu, 14 September 2014

Hi Blog, I'm Back

"Hi Blog, I'm back" adalah judul yang sengaja saya gunakan pada tulisan kali ini. Selain karena ini adalah tulisan pertama pada blog saya, judul tersebut menggambarkan kembalinya saya dalam dunia blog setelah absen selama kurang lebih 3 tahun.
Sebelum menggunakan blogspot sebagai sebagai wadah yang menampung berbagai tulisan yang akan saya buat, sebelumnya saya pernah menggunakan produk wordpress yang disadari memiliki banyak sekali feature yang sepertinya terlalu lengkap untuk dijadikan sebuah blog.
Ada beberapa hal yang ingin saya bagikan terkait dengan pilihan saya yang jatuh kepada blogspot sebagai tempat untuk berbagai segala tulisan-tulisan yang saya buat.

Awal Berkenalan dengan Blogspot ?

Blogspot bagi saya dapat dikatakan bukan teman baru, sebab saya sudah berkenalan dengan produk Google ini sejak kurang lebih 6 tahun yang lalu ketika saya kembali ke Ambon. Saat itu, dunia blogging mulai berkembang di kota Ambon. Seiring dengan itu, para blogger pun mulai berlomba-lomba membuat blog yang menarik dari segi desain. Saya pun mulai memilih-milih antara wordpress dan blogspot. Setelah mempelajari kedua layanan tersebut, sayangnya pilihan saya jatuh pada wordpress untuk dijadikan sebagai tempat saya nge-blog.  Tetapi dalam perjalanan saya memperhatikan, sepertinya kawan-kawan lain yang menggunakan blogspot terlihat begitu sederhana dan hal ini mulai menarik perhatian saya, karena jujur saja saya merasa bahwa untuk penulisan blog, sepertinya tidak terlalu memerlukan tampilan terlalu ramai dengan gambar-gambar dan efek yang justru mengalihkan pembaca dari tulisan yang saya buat. Nah...saat itulah saya mulai berpaling ke blogspot untuk dijadikan rumah tulisan yang saya buat.
Sayangnya seiring dengan kesibukan kerja yang saya jalani, membuat urusan blogging menjadi terbengkalai alias tak terurus, bahkan yang lebih parah saya jadi lupa username dan password.

Kenapa memilih Blogspot ?

Seperti yang saya sudah ceritakan sebelumnya bahwa untuk urusan blogging, saya lebih tertarik dengan blog dengan tampilan dan manajemen yang sederhana. Hal tersebut merupakan alasan utama saya memilih menggunakan blogspot. Selain itu blogspot memiliki beberapa kelebihan yang bagi saya sangat menarik, diantaranya :

  • Blogspot merupakan salah satu produk Google yang telah terintegrasi dengan berbagai aplikasi google yang lain, dan untuk mengaksesnya menggunakan metode SSO (single sign on) yang menurut saya menjadi lebih menarik dikarenakan saya tidak perlu melakukan login berulang kali bila hendak menggunakan aplikasi google yang lain seperti gmail, youtube, google+, drive dan lain sebagainya.
  • Dengan menggunakan satu akun google, saya bisa memiliki beberapa blog sekaligus (multiple blog). Hal ini tentu sangat menguntungkan, karena saya bisa memiliki beberapa blog yang dapat dimanage dari satu panel dashboard.
  • Tampilan halaman manajemen sangat sederhana dengan fitur-fitur yang mudah untuk dimengerti
  • Blogspot memiliki keunggulan dalam menghadapi terjangan spam pada bagian komentar. Hal ini yang tidak dimiliki oleh penyedian layanan blogging yang lain

What Next ?

Dengan berbagai fitur dan keunggulan yang dimiliki oleh blogspot, saya berkeinginan agar melalui blog ini saya dapat secara maksimal mencurahkan pengalaman-pengalaman dan ilmu pengetahuan yang saya miliki agar berguna bagi setiap orang yang membaca tulisan-tulisan yang dibuat.
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar